AGAR “SI MBAK” BETAH

Posted: November 12, 2010 in Tips & Trik

Pembantu  rumah tangga (PRT) seperti sudah menjadi suatu kebutuhan di perkotaan. Mereka dipekerjakan untuk membantu mengatasi tetek-bengek urusan rumah.  Dari bersih-bersih rumah sampai mengurus anak. Bisa dibayangkan bagaimana repotnya jika PRT berhenti kerja karena tidak betah. Berikut tips agar si mbak enjoy bekerja:

1.    Hargai Mereka

Ucapkan terima kasih dan berikan pujian jika pekerjaan mereka sesuai dengan instruksi anda. Sebaiknya jangan membedakan menu makanan dengan pembantu agar mereka merasa diperlakukan sebagai keluarga.

2.    Berikan upah sesuai dengan beban kerja dan perjanjian awal

Bicarakan besaran upah sejak awal bekerja. Berikan upah sesuai kesepakatan awal. Berikan bonus atau hadiah jika beban pekerjaan bertambah karena hal tertentu. Misalnya karena ada acara keluarga di rumah.

3.    Beri kesempatan beristirahat

Si mbak juga butuh beristirahat seperti halnya kita. Usahakan tidak terlalu “memberdayakannya” ketika anda bisa mengerjakan sendiri. Mencuci piring bekas makan malam, misalnya.

4.    Beri kepercayaan

Berikan tanggung jawab padanya untuk melakukan pekerjaan dengan caranya sendiri asal hasilnya sesuai dengan standar anda.

5.    Mengobrollah dengan mereka

Pembantu juga manusia yang butuh diperhatikan. Sesekali ajaklah mengobrol, menanyakan keadaan dirinya, kesehatan, keluarga dan sebagainya.

Dengan interaksi yang tepat, si mbak akan merasa diperhatikan dan disayang sehingga dia juga   akan menyayangi kita. Ujung-ujungnya, dia menjadi betah bekerja di tempat kita. Sudahkah anda melakukannya?

JANGAN LUPA KLIK DI SINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s